Sabtu, 01 Desember 2012

LAPORAN ELEKTRONIKA


I.    PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Manusia tidak dapat melihat, merasa, dan mencium atau menyadari keberadaan listrik dengan inderanya, baik untuk muatan maupun untuk medan listriknya. Oleh sebab itu, baru pada akhir abad ke-18 hal-hal mengenai listrik diteliti. Sekarang ini listrik menjadi sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk digunakan sumber tenaga, misalnya untuk lampu, mesin listrik, telepon, alat-alat listrik, radio, dan komputer.
Pada awal abad ini pemakaian listrik dalam berbagai bidang kehidupan mulai berkembang dengan pesat, apalagi setelah transistor ditemukan. Dengan ditemukannya transistor, jalan untuk pengembangan elektronika semakin terbuka dan sampai sekarang teknik semikonduktor yang dipakai dalam transistor masih terus berkembang sehingga menghasilkan elektronika yang semakin canggih, semakin kecil, dan semakin murah. Inti dari semua alat elektronik masih tetap, yaitu transistor-transistor, walaupun sekarang sudah ada IC yang merupakan rangkaian dan banyak transistor dalam IC.
Dalam tahun-tahun terakhir, elektronika telah digunakan secara luas dalam banyak bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan modern. Pada era globalisasi ini, kemajuan teknologi dan komunikasi berkembang dengan pesat. Para peneliti berlomba-lomba dalam menciptakan sebuah teknologi canggih. Teknologi canggih itu berupa barang-barang elektronik yang memudahkan kita dalam melakukan sesuatu. Sebagai contoh, televise sekarang dapat digunakan untuk berinternet, lalu alat multimedia yang dapat dibawa kemana-mana yang disebut portable smartphone, dan masih banyak lagi.
Pemahaman tentang elektronika sangat penting, salah satunya adalah focus dengan elektronika dasar yang dititikberatkan pada berbagai komponen dan rangkaian. Dengan praktikum ini, kita mungkin bisa mendapatkan basis/fondasi dalam memahami elektronika.
B.       Tujuan Praktikum
Mahasiswa dapat mengenal nama, bentuk, simbol, fungsi, dan prinsip kerja atau defenisi dari beberapa komponen dan peralatan elektronika.
II.      TINJAUAN PUSTAKA

Elektronika adalah cabang ilmu pengetahuan dan teknologi yang mempelajari teori dan penggunaan kelas peralatan dimana terjadi penyaluran electron lewat hampa, gas, atau semikonduktor. Tabung-tabung hampa, tabung berisi gas, transistor, dan sebagainya merupakan contoh dari alat-alat tersebut dan dikenal sebagai peralatan elektronika. Gerakan electron dari alat-alat ini biasanya dikendalikan oleh penggunaan medan listrik (Chattopadyay, 1989).
Bahan-bahan komponen elektronika yaitu bahan-bahan yang menentukan kinerja (performance) dari peralatan/ komponen listrik-elektronika dan sistem insulasinya, seperti dalam membangkitkan, mentransmisikan, menyearahkan, memperkuat, dan memodulasi sinyal listrik. Dalam bekerjanya peralatan dan komponen listrik/elektronika, bahan-bahan tersebut mengalami medan listrik/ medan magnet (Basuki, 2009).
Barang-barang elektronik tersusun atas sebuah sistem rangkaian elektronika yang merupakan satu-kesatuan dari beberapa komponen kecil elektronika, contohnyaseperti resistor, resistor variabel, kondensator, dioda, transistor, IC, dan lain-lain.Komponen-komponen itu merupakan komponen pelengkap dari terciptanya sebuah barang elektronik  (Siregar, 2004).
Selama beberapa decade terakhir, kemajuan elektronika telah berkembang pesat dan saat ini dapat dikelompokkan kedalam dua cabang yang sangatluas. Cabang elektronika yang berhubungan dengan aliran electron dalam hampa, gas, atau benda padat dinamakan elektronika fisika. Sebaliknya, cabang yang berkaitan dengan perencanaan, pengembangan, dan penggunaan peralatan elektonika dinamakan teknik elektronika (Blocher, 2004).


III. PROSEDUR PERCOBAAN

A.      WaktudanTempat
Praktikum Pengenalan Kompenen dan Peralatan Elektronika ini dilakukan pada hari Senin, tanggal 26 Desember 2011, berlangsung dari pukul 10.00 sampai 12.00 WIB di Laboratorium Fisika Dasar Fakultas Pertanian Jurusan Teknolohi Hasil Pertanian Unsyiah.
B.       Alat dan Bahan
1.    Komponen pasif yakni resistor, kapasitor, induktor, dan transformator
2.    Komponen aktif yakni diode dan transistor dengan berbagaijenis
3.    Alat tulis.




IV.    HASIL DAN PEMBAHASAN

A.  Pembahasan
1.    PengenalanKomponenPasif
1.      Resistor tetap (fixed resistor)
Fungsinya adalah untuk menghambat arus  listrik yang mengalir di dalam rangkaian.
2.      Resistor tidaktetap (variable resistor)
Fungsinya adalah untuk mengatur besar kecilnya hambatan yang diberikan dalam sebuah rangkaian.
3.    Kapasitor
Fungsinya adalah untuk menyimpan energy atau muatan listrik dengan caramenyimpulkan ketidak seimbangan di muatanlistrik.
4.    Induktor
Fungsinya adalah untuk menyimpan arus dengan media kumparan atau medan magnet.
5.    Transformator
Merupakan komponen elektronik yang dapat mengubah taraf suatu tegangan AC ketaraf tegangan yang lain.
2.      Pengenalan Komponen Aktif
1.    Transistor
Merupakan semikonduktor yang digunakan sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung, dan stabilisasi tegangan.
2.    Dioda
Merupakan komponen aktif yang berguna sebagai penyearah arus.
1.      Dioda cahaya
    Berfungsi sebagai penyearah arus den ganin dikator cahaya.
2.      Dioda foto
    Berfungsi untuk mendeteksi cahaya.
3.      Dioda laser.
Berfungsi sebagai penyearah arus pada sensor cahaya dengan media konduktor.
4.    Dioda zener
Berfungsi untuk mengalirkan arus ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diberikan melewati tegangan tembus.
3.    Pengenalan Alat Bantu
1.    Project Board/ Vero Board
Berfungsi untuk merangkai rangkaian elektronika.
2.    Multimeter/ Multitester/ AVO meter
Berfungsi untuk membaca arus, tegangan, dan hambatan.



V.       PENUTUP

A.      Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat ditarik dari praktikum ini adalah sebagai berikut:
1.    Barang-barang elektronik tersusun atas suatu rangkai anelektronik yang merupakan beberapa komponen seperti resistor, kondensator, induktor, travo, transistor, dan dioda.
2.    Cincin warna pada resistor dapat digunakan untuk mencari besar hambat anlistrik secara manual.
3.    AVO meter dapat digunakan untuk mengetes dan mencari nilai dari komponen-komponen elektronika.
4.    Komponen elektronika dirangkai pada suatu alat yang dinamakan project board.
.B.  Saran
Masih banyak komponen dasar elektronika yang belum dikenal. Diharapkan untuk kedepannya agar disediakan komponen yang lainnya kepada praktikan.


DAFTAR PUSTAKA

Basuki. 2009. Diktat KuliahBahan-bahanListrik. Banda Aceh: UniversitasSyiah Kuala.
Blocher, R. 2004.DasarElektronika. Yogyakarta: PenerbitAndi Yogyakarta.
Chattopadyay, D. 1989. Foundations of Electronic. Calcutta City: University of Calcutta.
Siregar, W. 2004.Electrical Utilities. Jakarta: Erlangga.

1 komentar: